Citizen Journalism




Jurnalistik online merupakan bagian dari media massa dan merupakan suatu perubahan yang peonting dalam dunia jurnalistik. Jurnalistik online un dikenal dengan konsep citizen journalism yaitu sebagai jurnalistik warga/jurnalisme warga. Keuntungan dari jurnalistik online sendiri setiap orang sendiri bisa menjadi wartawan (every one can be journalist).
Definisi dari citizen journalism sendiri sebagai praktik jurnalistik yang dilakukan oleh orang biasa bukan menjadi seorang wartawan profesional yang bekerja di sebuah media. Dan blog media sosial menjadikan setiap orang bisa menjadi seorang wartawan dalam sebuah pengertian juruwarta yang menyebarkan informasi sendiri kepada publik.
Sebelum melangkah jauh, kita harus lebih mengenal apa arti dan seluk beluk citizen journalism tersebut. Diawali dengan sejarah citizen journalism memasuki wilayah Indonesia. Disebut-sebut momentum perkembangan pesat citizen journalism pada tahun 2004. Ketika itu terjadilah tragedi Tsunami di Aceh yang diliput sendiri oleh korban. Berita tersebut dapat mengalahkan berita yang di buat oleh umumnya jurnalis profesional.
Berita tersebut berbentuk video, video amatir yang di rekam oleh Cut Putri perempuan berdarah Aceh tersebut merekam detik-detik ketika Tsunami 26 Desember 2004 silam dan ditayangkan di metrotv setelah dua hari kejadian. Dan hasil rekeman mahasiswi yang ketika kejadian tersebut masih kuliah di Bandung dianggap sebagai tonggak sejarah yang penting untuk perkembangan citizen journalism di Indonesia. Media sekarang semakin menyediakan ruang dan waktu untuk menayangkan dan mempublikasikan berita kepada masyarakat melalui “video amatir” yang stasiun televisi sajikan.
 sumber buku:  jurnalistik online Asep Syamsul Romli




                                                                                                                                                                                                                                                *deamaltitaazizah*

Related Post



Posting Komentar